Selasa, 03 Maret 2009

prinsip porting cylinder racing

Porting 4 tak Perbesar Efisiensi Volumetrik
Ditulis Oleh E`l Speed raCInG TEAM
Monday, 06 October 2008
 Efisiensi volumetrik mulai diungkap mekanik balap. Seperti di final kejurnas balap motor Indonesia 2005 di Sentul, dua minggu lalu. Mekanik yang bisa mengail angka efisien volumetrik besar, sanggup mengantar pembalapnya jadi juara nasional.

Menurut mekanik E`lspeed, efiseinsi yaitu campuran bensin-udara yang bisa masuk ke dalam silinder. Untuk mendapatkan angka 100 persen memang susah. Banyak faktor yang mendukung. Seperti diameter payung klep, porting, karburator dan knalpot.
Soal karbu, payung klep lebar dan knalpot, mekanik lokal sudah banyak yang tahu. “Tinggal porting yang belum dimainkan,” Makanya dari dulu sudah banyak yang pasang klep lebar namun kenyataanya motor belum bisa lari kencang.
Seperti kepala silinder TDR. Klep isap dan buang sudah besar. Namun tetap saja motor jalan di tempat. Akhirnya banyak yang beralih lagi pakai klep dan head standar. Di kejurnas lalu akhirnya ketemu porting yang pas.
untuk memperbaiki kinerja kepala silinder TDR. “Porting lubang isap dan buang digeser,”
Porting yang dilakukan memperlebar lubang isap dan buang. “Menurut buku Four Stroke Perpormace Tuning, karya A. Graham Bell, besarnya 80 persen dari diameter katup,”
Namun angka 80 persen tidak mengikat. “Mekanik sendiri yang harus merasakan ubahan itu,”Tentu berdasarkan coba-coba. Seperti yang dilakukan.
mempercepat aliran bahan bakar-udara menuju ruang silinder. Caranya dengan menaikkan posisi klep. Sitting klep dan katup naik. “Sehingga kepala silinder bisa dipapas abis dan kompresi bisa besar,”
Cara mempercepat aliran laju gas bakar juga diterapkan pada Jupiter Caranya dudukan intake manifold di kepala silinder dipapas. Besarnya angka papasan sekitar 4 mm. Cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar